Thursday, March 10, 2016

GERHANA MATAHARI

By: Linda
Satu fenomena alam luar biasa yang takkan pernah mampu engkau jelaskan untuk apa dan mengapa gerhana itu terjadi.
Sesungguhnya duhai manusia, segala sesuatu yang ada dan terjadi di alam ini adalah atas kehendak dan perintah-Nya jua.

Gerhana Matahari yang engkau saksikan hari ini adalah bentuk kekuasaan luar biasa sebagai tanda, sebagai bukti bagimu betapa alam, Matahari yang tak mampu berbicara pun tunduk dan patuh atas perintah-Nya.

Ketika engkau melihat dengan matamu sendiri maka engkau takkan mampu menyaksikannya. Namun ketika engkau melihat dengan sisi hatimu yang terdalam maka engkau akan menemukan jawaban dari sekian banyak pertanyaan dan praduga yang engkau ingin tahu.

Gerhana adalah bentuk totalitas Matahari memenuhi lintasan tugas yang harus ia lakukan. Adakah engkau tahu apa makna dibalik gerhana yang engkau saksikan kini??

Adakah hatimu takut duhai insan??

Alam dan seluruh isinya pun tunduk dan patuh kepada-Nya. Betapa mereka tak mampu ingkar dan tak patuh. Sementara dirimu tak sedikitpun mengerti dan memahami, bahkan dirimu bersorak kegirangan tanpa mengingat-KU.

Ketahuilah duhai manusia bahwa Gerhana yang engkau saksikan adalah sebagai pertanda yang besar bagimu bahwa beberapa dekade telah berakhir dan berlalu dalam perjalanan alam semesta ini.

Dan dari setiap persinggahannya akan mengalami pergantian cahaya matahari dari sebentuk sinar yang terang benderang menjadi cahaya yang meredup dan hitam, gelap tak ada cahaya.

Dan ketika Gerhana berlalu maka cahaya pun akan tampak dan menerangi alam ini kembali. Sebuah perjalanan, sebuah persinggahan singkat yang mampu membuat dirimu memahami bahwa sesungguhnya ada kekuatan tak terhingga yang telah mengatur dan kuasa melakukannya.

Apakah kekuatan besar itu terjadi begitu saja, sesuai dengan prediksi-prediksi yang banyak engkau dengarkan? Sesungguhnya alam dan seluruh isinya ada dalam naungan dan genggaman-Nya.

Diperintahkan-Nya langit untuk tunduk, maka langit pun tunduk, diperintahkannya bumi untuk patuh, maka bumi pun patuh. Tak satu pun dari semesta ini yang mampu ingkar dari perintah-Nya.

Manusia,... engkaulah ciptaan yang paling sempurna dan mulia dari segala ciptaan. Namun kedudukan sebagai manusia yang engkau sandang tak pernah bisa mengantarkanmu untuk patuh, sepatuh-patuhnya alam ini.

Engkau telah melihat kuasa-KU atas Gerhana yang aku tampakkan di hadapanmu. Namun masih saja dirimu tak menghiraukan dan mengindahkannya. 

Engkau masih saja tenggelam dalam sorak soraimu. Dalam khayalan-khayalan dunia yang membutakan dirimu.



Kutampakkan Gerhana agar engkau tahu, agar engkau sadar dan mengingatku walau sedetik. Tak harus dengan uraian panjang aku mengingatkanmu. Karena sesungguhnya ayat-ayat dan peringatan-KU telah begitu banyak KU hamparkan di hadapanmu.

Sampai suatu saat, suatu hari akan kuperlihatkan kuasa-KU yang sesungguhnya padamu bahwa apa yang selama ini tak kau hiraukan, tak kau indahkan adalah benar-benar merupakan perintah dan larangan  dari-KU.

Matahari, bulan, bintang dan jagad raya ini suatu hari, suatu waktu akan menanti perintah, akan menanti hari dimana AKU akan menghadirkan mereka semua tunduk, patuh dan bersujud di hadapan-KU.

Semua bagimu sama dan tak ada bedanya wahai manusia. Hanya sekejap saja engkau ingat dan patuhi dan sekejap kemudian engkaupun larut dan lupa. Tak mengapa bagiku duhai insan, karena engkau adalah bagian dari keinginan dan kebesaran-KU.

Engkau KU cipta untuk menjadi khalifah perwujudan adanya AKU dalam dirimu. Kuberi engkau kebebasan untuk memilih dan memahami kehidupan ini, agar engkau belajar dan mencari hakikat hidup yang AKU berikan padamu.

Ketika engkau tahu dan mengenali-KU maka itu adalah Rahmat-KU untukmu. Jalan untuk menemui-KU adalah jalan yang penuh dengan titian yang harus engkau lalui dan hadapi. 

Jika dirimu mampu dan patuh, maka AKU sendiri yang akan membawamu menuju jalan yang telah aku rangkai dan perlihatkan kepadamu.

Sesungguhnya dirimu ada dalam naungan kasih dan rahmat-KU, namun dirimu tak pernah menyadari keberadaan diri-KU dalam dirimu. 

Gerhana, sanggupkah engkau memaknainya?

Satu titik cahaya besar yang menerangi alam ini, namun dapat hilang sekejap saja dengan kuasa dan perintah-KU.

KU harap engkau tak lagi bertanya, karena pertanyaanmu akan membawamu semakin tak berdaya untuk memahami kuasa dan keberadaan-KU.

Cukuplah saja dirimu tahu dan mengenal-KU karena dirimu akan berjalan ke arah tempat di mana AKU menantimu dengan kasih-KU.

Kasih-KU adalah rahmat, kasih-KU adalah naungan untuk dirimu duhai hamba yang senantiasa ada dalam ingatan dan jalan yang telah aku ingatkan kepadamu.

"Rabbana Atinaa Fiddun ya khasanah
Wa fil Akhirati Khasanah Waqinaa Adzabannar.

@Linda - tadabbur hatiku pagi ini meyibak makna atas Gerhana yang terjadi hari ini 09 Maret 2016.

No comments:

Post a Comment