Thursday, February 4, 2016

@ Gendongan...

By : Kak Linda


"Hi... Teman.. bagaimana pagimu hari ini ? Jika engkau memiliki beban Gendongan yang membuat dadamu sesak dan beratt, maka lepaskanlah...

Biarkan udara segaarr pagi ini memenuhi rongga hati dan dadamu dan, biarkan ia berhembus keluar untuk membawa serta semua beban di hatimu itu teman.

Jangan biarkan Gendongan itu menjadi pupuk bagi lebatnya Ilalang yang akan tumbuh menghalau padimu. Tersenyumlah..., diamlah, heningkan hati dan jiwamu sejenak. 

Rasakan hembusan angin yang lembut yg menyapamu. Kicauan burung-burung kecil yang menghiburmu, rasakan.. dan biarkan kedamaian alam itu memenuhi rasa, memenuhi hati dan pikiranmu.

Lihatlah betapa alam begitu luas.., begitu syahdu... Ia menghamparkan dirinya untuk menampung segala beban dan kehidupan. 

Apakah... ia merasa beratt teman?? Oh.. tidak, ia bahkan tetap ceria, tetap damai dan menghibur hati-hati yang terluka, hati-hati yang rindu...



Meskipun ia terluka oleh tangan-tangan yang khilaf, namun ia tetap menerima, dan tak bergeming dari tugasnya. Tetap menghamparkan dirinya untuk kehidupan ini. 

Luka yang ia terima ia gunakan untuk memberikan hikmah dan pelajaran kepada makhluk untuk memahami makna hidup tentang pentingnya keseimbangan. 

Ketika hidup penuh dengan keseimbangan, maka semuanya akan tenang, akan damai. 

Begitupula dengan diri kita teman, seberapa banyak dan beratt gendongan itu, jika engkau mampu untuk menerimanya dengan ikhlas, maka terimalah dan bila tak mampu, maka lepaskanlah. 

Biarkan ia pergi dan mengalir untuk kemudian menjadi gambaran yang nyata bagimu akan pentingnya keseimbangan itu.

Jika ia datang kembali maka siapkan lagi hatimu untuk menerima atau melepaskannya. 

Semua bergantung kepada hatimu teman. Bila mampu, terimalah. Namun bila berat bagimu maka lepaskanlah. 

Mungkin di lain waktu hatimu akan lebih siap, lebih mampu untuk menerima dan memahami arti dari Gendongan itu. Allahu Akbar..

@Linda - tadabbur hatiku pagi ini menyikap arti dari Gendonganku. :-)

No comments:

Post a Comment