Wednesday, February 3, 2016

Ikhlas...

By : Kak Linda

Tahukah engkau makna dari keikhlasan itu?.. Kata yang ringan untuk diungkapkan namun butuh perjuangan dan pengorbanan untuk sekedar bisa mewujudkannya. 

Ringan di lidah namun akan sangat dalam makna dan dampaknya terhadap dirimu dan orang lain yang berada di sekelilingmu.

Ikhlas... ia bagaikan air yang mengalir tanpa lelah, tanpa pamrih, sekali, dua kali ataupun beribu-ribu kali namun ia tetap tak kunjung berkata bahwa ia Ikhlas.

Ketika keikhlasan hadir, siapapun yang berada di sekelilingnya merasa terlindungi, merasa damai dan nyaman. 

Takkan ada rasa berat, rasa enggan dan ataupun rasa untuk menutupi raut-raut wajah yang suram. Semua akan tampak seperti apa adanya, tanpa bingkai dan tirai..

Ikhlas..., ia hadir di hati orang-orang yang tak jera dengan pujian, tak jera dengan celaan dan tak jera dengan tirani yang mengungkung. 

Ia disematkan ke dalam hati orang-orang yang taat, amanah dan cinta akan indahnya hidup yang penuh dengan kasih sayang dan persaudaraan.

Orang-orang yang senantiasa berupaya membawa dirinya, hatinya ke dalam aliran air yang tak terputus. Aliran air yang penuh dengan kesejukan dan kehidupan. 

Ikhlas untuk menghidupi, ikhlas untuk berbagi..., ikhlas untuk menemukan arti dari sebuah perjalanan yang tak mudah untuk dilalui.

Ketika hatimu ikhlas.., maka seribu makna yang tersimpan akan terkuak, bak mutiara terpendam yang akan memperlihatkan pesona keindahannya untukmu. 

Pesona yang akan membuat dirimu bak intan berlian yang berkilau yang akan membuat mata dan hati yang memandangmu takkan mampu mengungkapkan kata-kata dan berbicara.

Ikhlas..., engkaulah mutiara hati yang terpendam, mutiara hati yang tersembunyi di balik tirai kesunyian, keheningan dan kedamaian. 

Takkan mudah untuk ditemukan, namun ia ada dalam setiap perenungan, setiap perjalanan dan perjuangan untuk menemukan makna hidup yang sesungguhnya.
IKHLAS...

@Linda - tadabbur hatiku dalam perjalanan ke kantor pagi ini.

No comments:

Post a Comment